Kamis, 28 Oktober 2010

REVIEW JURNAL III

REVIEW JURNAL III

Tema / Topik
       Kinerja Keuangan Bank
Masalah, Judul, Pengarang dan Tahun
Permasalahan untuk menciptakan kestabilan sistem keuangan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Analisis kinerja keuangan bank pemerintah dan bank umum swasta nasional, Widya Yani, 2009.
Latar Belakang Masalah dan Tujuan
Dewasa ini industri perbankan nasional telah mencapai kemajuan yang cukup berarti. Fungsi utama perbankan adalah memfasilitasi dan membiayai kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penyediaan barang dan jasa bagi masyarakat. Tujuan yang sangat fundamental yaitu terciptanya struktur industri perbankan yang sehat, kuat dan efisien guna menciptakan kestabilan sistem keuangan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam rangka mendukung terwujudnya struktur perbankan yang sehat maka salah satu caranya adalah dengan memperkuat permodalan bank dan meningkatkanlaba operasional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja bank pemerintah dan bank umum swasta nasional dilihat dari kredit bermasalah, rasio kecukupan modal, likuiditas, dan rentabilitas.
  Metodelogi
·         Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Pemerintah (Persero dan BPD) dan Bank Umum Swasta Nasional (devisa dan non devisa) tahun 2004-2008. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik, deskriptif dan statistik inferensial yaitu independent sample t-test. 
    • Model
Dengan menggunakan tabel.

    • Variabel

Capital Adequacy (CAR), Net Interest Margin (NIM), Return On Equity (ROA).
    • Tahapan Penelitian
Statistik inferensial dan statistik deskriptif.
Hasil dan Kesimpulan
Hasil analisis perhitungan rasio keuangan perbankan secara umum menunjukkan adanya fluktuasi kenaikan rasio kredit bermasalah (NPL), LDR, BOPO dan adanya penurunan CAR, NIM dan ROA. Hasil analisis perbedaan kinerja keuangan bank dengan independent sample-test, di dapat hanya rasio BOPO dan NIM terdapat perbedaan yang signifikan pada bank pemerintah dan bank umum swasta nasional sedangkan antara NPL, CAR, LDR dan ROA bank pemerintah dan bank umum swasta nasional tidak ada perbedaan yang signifikan.
Saran
 Kinerja antara Bank Pemerintah dan Bank Umum Swasta Nasional harus dioptimalkan dengan meningkatkan keunggulan yang telah dimiliki oleh masing-masing bank tersebut.




1 komentar:

  1. Review jurnal 3 ok..... Seluruh review jurnal sudah benar (1,2 dan 3). Kemudian saudara tinggal menyusun dan mengembangkan jurnal saudara sendiri berdasarkan hasil review jurnal yang saudara sudah lakukan.

    Rgds
    Prihantoro

    BalasHapus